Pemprov Evaluasi P2WKSS Desa Weninggalih

Bookmark and Share


JONGGOL - Pemerintah Provinsi Jawa Barat evaluasi program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Weninggalih Kecamatan Jonggol (18/10). Tim evaluasi yang berjumlah empat orang diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Nurhayanti dan Ketua TP.PKK Kabupaten Bogor Elly Halimah Rachmat Yasin di Kantor Desa Weninggalih. 
Menurut Sekda Nurhayanti, bagi pemerintah Kabupaten Bogor kegiatan ini sangat strategis, artinya akan memberikan peluang kepada kaum perempuan di desa untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah menuju masyarakat yang sejahtera. Kaum perempuan harus menjadi pelaku pembangunan yang bertanggung jawab pada pembangunan desanya dan juga menjadi motivator untuk mengelola perekonomian keluarga. 
"Sebelumnya di desa ini masih banyak yang harus dilakukan perbaikan, masih rendahnya status ekonomi masyarakat, kondisi rumah yang tidak layak huni dan yang lainnya. Kini sudah banyak perubahan dengan perbaikan-perbaikan yang signifikan. Pemerintah Kabupaten Bogor dibawah kepemimpinan Bupati Rachmat Yasin memiliki perhatian khusus terhadap kaum perempuan dalam peran sertanya membangun Kabupaten Bogor seperti, posyandu, PKK, PAUD dan laini-lain. Mudah-mudahan kebijakan anggaran APBD untuk hal ini dapat ditingkatkan terus", papar Nurhayanti. 
Nurhayanti menambahkan, Pelaksanaan kegiatan P2WKSS sebelumnya telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap aktualisasi peran perempuan untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera. Ini juga memberikan kekuatan kepada masyarakat desa untuk meningkatkan potensi lokalnya dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan.
"Kami behrap proses evaluasi ini dapat dilakukan dengan transparan, artinya jika ditemukan kekurangan-kekurangan dapat disampaikan untuk menjadi masukan dan menjadi bahan perbaikan program P2WKSS kedepan", tambahnya. 
Kemudian Ketua Tim Evaluasi Program P2WKSS Eni Rosiani mengatakan, Gender merupakan konsep tanggung jawab peran laki-laki dan perempuan. Jawa barat telah meraih penghargaan atas persamaan gender. Disadari atau tidak, lebih melibatkan perempuan dalam pembangunan akan lebih membawa manfaat yang lebih baik. 
"Dalam rangka meningkatkan peran perempuan, Kabupaten Bogor diusulkan mendapatkan penghargaan Pradita Eka Praya, yakni penghargaan atas penyetaraan gender. Dan sudah menjadi kewjiban pemerintah provinsi Jawa Barat, melalui keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang pedoman umum P2WKSS di daerah melakukan verivikasi daerah yang jadi binaan P2WKSS, selanjutnya adalah evaluasi untuk mengetahui perkembangan yang terjadi sehingga dapat meningkatkan program tersebut", jelas Eni. 
Program dengan tema "Dengan Program P2WKSS Kita Wujudkan Kesejahteraan dan Keadilan Gender" ini dilakukan untuk meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan, meningkatkan status kesehatan keluarga, mengurangi angka kasus perdagaan orang dan angka kematian bayi. Tim evaluasi berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, TP.PKK Provinsi Jawa Barat, BPKB Provinsi Jawa Barat. Sementara metode evaluasi yang digunakan adalah wawancara dan peninjauan lapangan.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar